Senin, 15 Maret 2021

Penyusunan Studi Literatur Bidang Kesehatan Untuk Penyusunan Tugas Akhir Mahasiswa

 

Saat ini studi literatur merupakan salah satu pilihan dalam penyusunan tugas akhir mahasiswa. Untuk membekali mahasiswa, pada tanggal 04 Maret 2021 STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo menyelenggarakan Webinar berjudul Penyusunan Studi Literatur Bidang Kesehatan Untuk Penyusunan Tugas Akhir Mahasiswa. Dalam webinar kali ini menghadirkan nara sumber Muhadi, SKM., M.Kes. dan Diah Wijayanti Sutha, S.ST., M.Kes., keduanya merupakan dosen STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo.

Muhadi, SKM., M.Kes. dalam paparannya menjelaskan ada tiga definisi Literatur Review. yang pertama adalah studi tentang penelitian yang sudah ada dengan fokus pada topik penelitian. Yang kedua adalah studi mengenai data sekunder. Dan yang ketiga adalah pelaporan ilmiah melalui pencarian informasi dan telaah kritis. Ada beberapa sumber literature review, diantaranya yaitu paper dari jurnal ilmiah, paper dari conference (proceedings), laporan dari organisasi, text book, ataupun dari skripsi, thesis, dan disertasi.

Diah Wijayanti Sutha, S.ST., M.Kes. menyampaikan bahwa literatur review memuat empat unsur, yang pertama mencari kesamaan, yang kedua mencari ketidaksamaan, yang ketiga memberikan pandangan, dan yang terakhir membandingkan. Beliau juga menjelaskan ada enam langkah penyusunan literature review, yang pertama memilih topik, kemudian menentukan lingkup ulasan, selanjutnya memilih database, yang dilanjutkan dengan melakukan pencarian dan menentukan literatur. Literatur yang telah diseleksi dikumpulkan dan selanjutnya dianalisa dalam pelaporan.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru

Kerja Sama