About

Pembukaan PKKMB STIKES Yayasan RS. Dr. Soetomo 28 September 2020

 

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru atau yang biasa dikenal dengan PKKMB merupakan wahana bagi pemimpin perguruan tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Pelaksanaan PKKMB diharapkan menjadi wahana penanaman 5 (lima) program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu. Melalui PKKMB mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

PKKMB STIKES Yayasan RS. Dr. Soetomo yang diadakan secara daring menggunakan Zoom meeting, telah dibuka pada hari Senin tanggal 28 September 2020 oleh Ketua STIKES Yayasan RS. Dr. Soetomo dr. Fatchur Rochman, Sp.KFR-K. Jumlah peserta yang mengikuti PKKMB sejumlah 118 orang yang terdiri dari 115 orang mahasiswa baru dan 3 orang mahasiswa angkatan 2019. 


 PKKMB hari pertama ini diisi oleh 10 narasumber. Materi pertama mengenai Pendidikan Tinggi di Indonesia yang disampaikan oleh Wakil Ketua Akademik dan Sumber Daya Manusia H. Soehardjono, S.KM. Kemudian dilanjutkan dengan materi layanan BAUK oleh Hj. Supadmi, SKM., dan layanan BAAK oleh Sasi Kurnia Sholeh, S.Kes. Materi selanjutnya adalah dari program studi, Kaprodi S1 Admnistrasi Rumah Sakit Serlly Frida Drastyana, SKM., M.KL. dan Titin Wahyuni, S.KG., M.Kes. selaku Kaprodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan menjelaskan mengenai panduan dan proses belajar mengajar di masing-masing program studi.

Setelah istirahat ishoma, PKKMB dilanjutkan dengan pemberian materi tentang Perguruan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0 dan Kehidupan Baru Pasca Pandemi oleh Wakil Ketua Pengembangan Mahasiswa, Alumni dan Sistem Informasi Manajemen Bambang Nudji, M.Si. dan materi tentang General Education oleh Muhadi, SKM., M.Kes. Untuk membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan proses belajar mengajar daring, Amir Ali, S.Kom., M.Kom. menjelaskan tentang Sistem Pembelajaran yang diterapkan di STIKES Yayasan RS. Dr. Soetomo dan juga materi Sosialisasi Kontrak Kuliah oleh Achmad Djunawan, SKM., M.P.H. Pada hari pertama PKKMB ini pun diberikan materi soft skill yaitu Personality Development oleh Tutus Wahyu Widagdo, S.Pd.

Ternyata walaupun dilaksanakan secara daring, tidak menyurutkan antusiasme institusi, panitia, dan terutama para peserta PKKMB. Hal ini terlihat dari beragam materi yang telah disiapkan dan juga tampak dari kreatifitas peserta dalam pengerjaan tugas baik berupa poster maupun video.

Selamat datang mahasiswa baru angkatan 2020 dan selamat bergabung dalam civitas akademi STIKES Yayasan RS. Dr. Soetomo.